Kirain tenang-tenang aja, eh kok ada tembak-tembakan sama tornado di Jerman?

Hi you guys!

Jadi ceritanya hari ini gue cuma mau blabbering idup di Jerman seperti biasa.

Gue kira selama ini negara bagian tempat gue tinggal dan kota yang gue tinggalin sekarang itu tempatnya tenang-tenang aja, ga ricuh, ga demo-demoan kayak di Berlin pas kemarin corona lagi tinggi, pokoknya adem ayem.

Eh tapi kok hari ini tornado terus dulu sempet ada tembak-tembakan

Jadi gini, kalo untuk yang tembak-tembakan ini kejadiannya udah lumayan lama. Mungkin 2-3 bulan yang lalu? Gue udah ga inget sih tapi yang gue inget itu deket sama kasus Palestine sama Israel yang waktu itu sempet rame lagi. Berarti sekitar lebaran ya kayaknya? Motifnya juga sebenernya gak jelas karena pelakunya seinget gue ketembak terus meninggal. Kirain Amerika doang heboh senjata eh kok kota gue ada juga :”) sampe kaget. Waktu itu si pelaku ini katanya nembak 2 orang di kota lain atau distrik yang deket Kiel gotu terus dia kabur terus sembunyi di Kiel. Pokoknya pas itu sampe ada himbauan dari polisi gaboleh keluar rumah/tempat kerja/dll gitu. Terus jalanan sampe diblokir dijaga polisi. Pelakunya ketangkep hari itu juga sih tapi malem jam 10 dan ketangkepnya di perjalanan dia lagi kabur lagi ke arah Hamburg seinget gue.

Nah kalo yang hari ini, gue merasakan tornado untuk pertama kalinya. Yah tembak tembakan sampe kayak gitu juga pertama kali sih. Setau gue, Jerman itu hampir ga pernah ada cuaca ekstrem. Biasanya disini angin kenceng gitu, tapi emang kenceng bener sih. Wew. Kemarin tuh cuaca masih kayak agak panas tapi emang di forecast bakalan ujan terus 1 sampe 2 minggu ke depan. Tadi siang gue makan lah di Mensa (kantin) sama temen temen gue karena udah lama kan. Dan kebetulan lagi ada temen gue orang Perancis yang dulu ERASMUS di Kiel lagi main, jadi kita ke kantin makan siang bareng. Emang berawan tapi masih ada sedikit matahari. Terus mulai tambah dingin tuh pas kita balik jam 2 atau 3pm an. Terus ujan deh sekitar jam 5 atau 6. Dan sekitar jam 10 gue cek hape ada notif dari berita gitu kalau tadi di Kiel abis ada tornado.

Hah? Tornado? Yang kayak di film-film itu? Yang kayak di Amerika? Hah? Kok bisa?

Dan ternyata ini tornado pertama di Kiel sejak 50 tahun. Wow.

Kiel is wild, man.

Gue bersyukur sih gue ga deket sama tempat kejadian dan ada beberapa orang yang ternyata ketiup terus kecebur ke laut gitu. Kalau gue kecebur ke laut kayaknya jaminan ga selamat :” aing ga bisa berenang….

Anyway, gitu aja sih gue cuma mau nge-rant gue kaget juga akhir-akhir ini banyak kejadian yang ga terduga gitu. Jadi kalau kalian pikir di luar negeri lebih aman dan sebagainya (iya kayak gue mikir kirain ga ada bencana alam yang parah dsb disini), ya gak juga sister, bruder. But yea, stay safe and stay sane! Dont forget to wear your mask and get your vaccine!

Cheers,

Kemmy

Asosiasi Pekerja Indonesia di Jerman: IPA Germany

Hey you guys!

Kali ini gue mau sharing tentang perkumpulan pekerja indonesia yang kerja di Jerman, namanya Indonesian Professionals Association – Germany (IPA Germany). Kalau kalian tau PPI atau Perhimpunan Pelajar Indonesia, ya ini kayak gitu tapi buat pekerja bukan pelajar hehe.

Nah IPA ini sendiri udah ada di banyak negara dan udah ada yang namanya Global IPA (GIPA) juga. Again, sama kayak PPI ada PPI Dunia, di IPA kita namanya GIPA. Terus di IPA ini ngapain aja? Nah, IPA ini sifatnya kayak komunitas untuk pekerja indonesia di luar negeri, selain ada event-event yang ngasih banyak info kita juga bisa networking disini gitu. Buat yang transisi dari Indonesia ke luar negeri, gabung di IPA ini lumayan banget karena mereka kan udah lama di luar negeri, jadi mereka paham tentang pajak, asuransi dan sebagainya.

Tapi juga ada event-event kayak ngobrolin tentang pertumbuhan atau perkembangan tentang industri tertentu sampe mentoring. Jadi kalian tau gitu, untuk masa depan, pasar mana yang butuh banyak orang dan skill kayak apa.

Kalau belom kerja atau ga kerja di Jerman apa ga boleh gabung?

Ya boleh dong sayang. Memang ini targetnya untuk pekerja indonesia di Jerman, tapi semua orang boleh banget kok gabung. Terus cara gabungnya gimana? Nah cara gabungnya bisa ke sosial media IPA Germany ya:

Instagram

LinkedIn Page

LinkedIn Group

Cheers,

Kemmy

Sitasi biar gak plagiat: Cara mencantumkan referensi di skripsi, essay, paper, karya ilmiah

Hey you guys!

Kali ini gue mau ngomongin soal sitasi atau citation. Apaan tuh? Buat kalian yang baru masuk kuliah, pasti bakal disuruh dosen buat mencantumkan referensi kalian tiap kalian presentasi, nugas buat paper atau essay dan sebagainya. Waktu dulu gue SMA sih, kayaknya gue kalo kasih sumber cuma copas link doang di bagian daftar pustaka wkwkwk. Pas kuliah baru tau oh harus begini yang bener. Nah, dulu juga gue pusing amat liat cara cantumin sitasi ada koma, ada titik, kadang pake tanda kurung, eh yang bagian mana sih harus huruf miring dan macam-macamnya. Wk. Auk dah suka ketuker-tuker kan ya gua koma sama titik. Nah di post kali ini gue mau ngasih tau cara mencantumkan referensi di tulisan akademik kalian tanpa ribet mikir ini harus koma apa titik yak.

Bahas sedikit dulu ya apa itu sitasi sama jenisnya.

Sitasi itu gampangnya referensi yang kamu pakai pas kalian buat sesuatu misalnya makalah, paper, esai dan sebagainya. Hah? Yang mana? Gampangnya kalau kalian baca buku atau artikel jurnal, pernah liat bagian daftar pustaka kan? Nah itu namanya list referensi yang kalian pake untuk membuat karya ilmiah kalian misalnya. Selain list di akhir penulisan, biasanya ada juga sitasi di dalam text atau in-text citation. Contoh sitasi dalam teks kayak apa Kem? Ini ya misalnya gue copas dari artikel jurnal:

(Céréghino et al., 2014)

Coba liat bagian yang gue highlight. Itu salah satu contoh in-text citation. Udah tau ya sekarang bedanya daftar pustaka atau bibliography sama sitasi dalam teks atau in-text citation. Nah terus satu hal lagi yang penting ngomongin sitasi adalah style dan sistem nya ada macem-macem. Misalnya ada Harvard, APA, Vancouver, MLA dan sebagainya. Lah bingungin amat, terus mana dong yang dipake? Nah ini, biasanya kalian bisa tanya ke dosen kalian, mereka punya preferensi ga pakai sitasi yang mana? Dulu waktu gue kuliah di UI, fakultas gue (Fakultas Kesehatan Masyarakat) pakenya sitasi jenis Harvard tapi setau gue kalau FK UI katanya pake Vancouver.

Nah, terus gimana cara gampangnya Kem?

Pake aplikasi dong. Ada banyak aplikasi untuk sitasi tapi yang gue pake dari S1 itu namanya Mendeley (bisa untuk Windows, iOS dan Linux). Ini aplikasi free ya. Gue pake Mendeley karena gue pake Mac dan kebetulan yang waktu itu dosen gue kasih tau aplikasi ini pas gue masih bimbingan S1. Jadi dosen gue ini pake Mac juga terus ngasih tau biar ga bingung atau salah salah pake aplikasi aja. Iya, dulu awalnya gue harus buka pdf contekan cara menulis sitasi buat macem-macem sumber tetep aja ga apal, tetep aja pusing. WKWKWK.

Nah ini gue kasih contoh ya pake Mendeley gimana.

Tampilan di Mendeley

Setelah download dan install Mendeley, ini tampilan desktopnya. Disini kalian bisa buat folder untuk tiap sumber yang kalian pake juga. Kalau kalian liat itu folder gue ada banyak kan wkwkw karena gue pisah pisahin semuanya. Kalian bisa juga buat share library misalnya kalau kalian kerja kelompok, jadi gampang share material yang kalian pake dan semua bisa baca, yang paling enak juga karena udah ke set juga sitasinya. Kalo kalian liat digambar di atas, itu gue set jenis sitasi gue Harvard. Cara ganti model sitasi:

View > Citation Style > pilih sesuai keinginan

Cara membuat tampilan sesuai dengan sitasi yang kalian pilih:

View > Library as Citations

Cara masukin file ke Mendeley gampang juga, tinggal di drag terus drop aja ke aplikasinya. Gue sukanya sync manual karena kadang ada banyak material yang udah gue kumpulin terus setelah baca-baca eh ga relevan atau kurang info yang gue butuhin sama yang gue lagi kerjain.

Detail file di Mendeley

Nah misalnya ini ya kalia abis drag drop file, kalian bisa liat detail dari artikelnya sendiri udah muncul. Nah cuma kadang tuh ga sesuai pas kita masukkin filenya, bisa diganti-ganti juga di bagian sebelah kanan. Misanya itu bukan jurnal tapi buku, halaman web, sebuah bab di buku dan sebagainy, bisa kalian ganti di “Type” itu ya. Nanti kalau kalian ganti jenis materialnya, kolom yang ada di detail juga bakalan berubah, misalnya kalau material yang kalian masukkin jenisnya halaman web, nanti ada kolom tanggal kalian akses web tersebut kapan.

Di Mendeley kalian juga bisa buka filenya terus highlight kata-kata dan baca materialnya langsung disitu ya. Contohnya kayak gambar di bawah. Disitu gue juga nunjukkin kalau ada macam-maca tipe file di Mendeley yang bisa kalian ganti-ganti sesuai kebutuhan.

Tampilan file di Mendeley

Nah terus gimana caranya dia muncul pas kita nulis Kem?

Nah Mendeley ini bisa diaktifin di Microsoft Word juga ya jadi plug in gitu. Bisa kalian temuin di tab References. Kalian bisa ganti juga jenis sitasi yang kalian mau disini yaa. Nah, ini contohnya ya gue mau masukin sitasi dalam teks:

Memasukkan citation in text di Microsoft Word menggunakan Mendeley

Jadi caranya adalah click References > Insert or Edit Citation > Masukkan Keyword yang sudah kalian input di detail file > OK

Eh lupa ternyata ada lebih dari satu sumber yang dipake di dalam kalimat ini, gimana dong? Gampang aja. Abis kalian insert citation tadi, bisa digabungin kok pake Merge Citations. Jadi kalian tinggal block sitasinya terus klik Merge.

Nah, untuk daftar pustakanya, bisa otomatis juga di list sama Mendeley ya. Caranya tinggal click Insert Bibliography nanti semua material yang udah masuk di in text citation kalian akan otomatis masuk ke list daftar pustaka, jadi ga ada yang kelewatan.

List daftar pustaka dari Mendeley

Gitu deeeh cara pake Mendeley. Gimana? Lebih gampang kan daripada harus cek cek atau nulis sitasi sendiri? Pake ini juga enak karena lebih rapi dan terstruktur untuk material riset atau tugas kalian. Kayaknya masih banyak juga yang belum tau soal fitur fitu Microsoft Word/Excel yang bisa mempermudah idup jadi nanti mungkin akan gue bahas ya. Iya gue anaknya gamau repot makanya suka cari tau cara gimana gue mempermudah idup hahaha. Kan kemana kemana kan ngomongnya.

Anyway, that’s it for today! Semoga membantu kuliah/sekolah kalian yaa!

Cheers,

Kemmy